Senin, 02 Januari 2012

Untuk Guru-guru terbaikku Selamanya....


Saat ini banyak diantara kita sebagai pegawai terperangkap dengan pola pikir “Berhitung diawal tentang keuntungan yang akan diperolehnya jika mengerjakan sesuatu”. Pola pikir ini bisa menjadi motivasi baik untuk bekerja atau menjadi penghambat seseorang dalam bekerja.
Banyak guru yang saat ini juga berpola pikir seperti ini, jika akan menguntungkan, ada uang transport, atau ada insentifnya baru ia mau mengerjakan. Tapi masih banyak juga guru-guru yang masih memegang idealismenya untuk mengabdikan dirinya untuk anak bangsa dan berbagi ilmu dengan mereka.
Aku pernah dibesarkan dan dididik di satu sekolah dengan guru-guru yang memegang idealisme yang tinggi untuk mempertahankan kualitas lulusan, bukan hanya keahlian tetapi juga mentalitas dan prilaku. Guru-guruku mengajarkan banyak hal, beberapa diantaranya insya allah telah coba aku aplikasikan. Pesan orang-orang besar itu adalah :
1.       “Janganlah kamu hanya berhitung  keuntungan (reward) yang akan diperoleh, tetapi coba kamu fokus untuk mengerjakan apapun tugasmu dengan semaksimal mungkin dan biarkan orang lain (atasanmu terlebih Tuhanmu) melihat layak tidaknya kamu diberikan reward atas apa yang telah kamu kerjakan”
2.       “Bekerjalah sepenuh hati, dan jadikan apa yang kamu kerjakan sebagai bukti cintamu kepada Allah”
3.       “Bersikaplah JUJUR dalam kehidupan karena inilah yang akan menyelamatkanmu”
4.       “Saat bekerja, janganlah hanya mengejar jabatan dan materi, karena jika hanya itu yang ada dalam pikiran kita maka kamu justru akan dimiskinkan dan akan direndahkan”
Terima kasih guruku, banyak hal yang telah aku pelajari dari kalian. Saat ini aku menyandang profesi mulia yang sama saat ini, yaitu sebagai SEORANG GURU. Aku berharap bisa berbagi dengan anak didikku untuk menanamkan hal yang sama seperti yang telah kalian tancapkan dalam hatiku.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang sejujur-jujurnya !